Bagaimana Ikan Kaleng Lahir dan Sekarang Dipermalukan

Diposting pada

U.S Departemen of Agriculture (USDA) pernah membandingkan ikan segar dan ikan kaleng, ternyata mereka mempunyai kandungan asam lemak omega-3 yang setara. Mereka bahkan menemukan bahwa dua omega-3 di ikan salmon merah dan salmon pink kalengan lebih tinggi ketimbang salmon segar.

Keempat, ikan kalengan tahan lama. Pada 1974, Asosiasi Prosesor Makanan Nasional Amerika Serikat, menguji contoh makanan kaleng yang diambil dari kapal Bertrand yang tenggelam pada 1865. Ternyata, meski penampilannya memburuk dan baunya menusuk, tak ada bakteri di sana. Mereka menyimpulkan: makanan itu masih aman disantap.



Sayang, karena kebutuhan yang tinggi dan nilai pasar yang besar, masih banyak produsen ikan kaleng yang membuat produk asal-asalan. Badan Pengawas Obat dan Makanan baru-baru ini melaporkan bahwa 27 merek produk ikan makarel kaleng positif mengandung parasit cacing.Karena temuan itu, BPOM melarang 16 merek impor masuk ke Indonesia, dan 11 merek produk dalam negeri dihentikan produksinya. Saat ini, Indonesia cukup banyak mengimpor ikan makarel. Pada 2016, nilainya 48,5 juta dolar. Pada 2017, angkanya tumbuh 93,46 persen menjadi 93,83 juta dolar. Sekitar 65,08 persen ikan makarel diimpor dari Cina.

Kasus cacing maupun parasit cacing di ikan kalengan ini sebenarnya mempermalukan orang-orang kiwari perihal teknologi pengalengan. Bayangkan, di tahun 1800 saja, metode pengalengan yang dibuat Appert berhasil dengan amat baik, bahkan produknya aman dimakan hingga 100 tahun kemudian. Sekarang, dengan teknologi yang semakin maju dan jika mengesampingkan faktor keserakahan, produsen malah membuat produk ikan kaleng yang penuh dengan cacing dan parasit. Oalah.

(tirto.id – Gaya HidupReporter: Nuran Wibisono
Penulis: Nuran Wibisono
Editor: Nurul Qomariyah Pramisti







https://tirto.id/bagaimana-ikan-kaleng-lahir-dan-sekarang-dipermalukan-cGV6

Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News
republished by Yes Muslim –  Portal Muslim Terupdate ! 

Sumber : Yes Muslim