Bikin Prestasi Lagi, Goodbener Anies Resmikan ‘TOD’ Dukuh Atas, ini Penampakan nya

Diposting pada





  Yes  Muslim  –  Kamis 29 Maret 2018, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan resmikan pembangunan Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas di lahan bekas Pasar Blora, Jakarta Selatan. Dengan dibangunnya TOD ini, akan mengintegrasikan rumah susun dengan sarana transportasi di sekitar kawasan Stasiun Sudirman.

Transit Oriented Development (TOD) menyatukan sistem transportasi, permukiman, pusat belanja dan perkantoran.

“Kawasan Dukuh Atas ini akan dikembangkan menjadi tempat simpul transportasi dan simpul kegiatan perekonomian. Jadi di sini ada MRT, TransJakarta, commuter line, dan kendaraan umum darat lainnya,” ujar Anies di lokasi pencanangan TOD Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (29/3).

Menurut Anies, perancangan konsep TOD Dukuh Atas ini akan melibatkan publik. Dari ide awal yang sudah ada, kolaborasi konsep kawasan terintegrasi ini menerima masukan yang akan dilakukan dalam bentuk forum diskusi.




“Dengan adanya kawasan ini harus bisa jadi, satu menyambungkan sentra moda, yang kedua bisa menjadi tempat warga berinteraksi,” ujar Anies.

Setidaknya dari kawasan Dukuh Atas yang telah terbangun stasiun kereta api, halte transjakarta dan kemudian MRT, diharapkan dapat mengurai kemacetan dan mengajak masyarakat menggunakan transprotasi massal.

“Jadi nanti MRT yang menyelenggarakan. Tapi intinya adalah apabila warga punya gagasan soal TOD, ide-idenya silakan kirimkan. Kita dengan senang hati mengakomodasi dan mendiskuskkan,” ujarnya.

Anies juga berharap dengan dibangunnya TOD yang terintegrasi dengan MRT ini dapat menciptakan kebiasan baru, yakni kebiasaan disiplin dengan ketepatan waktu.

“Karena itu anda tidak boleh memandang MRT sekadar transportasi, tapi bentuk budaya baru,” ujar Anies.

Dimulainya pembangunan TOD Dukuh Atas ini menjadi yang pertama dari delapan TOD yang akan terintegrasi dengan MRT. Sementara TOD lainnya yakni Bundaran HI, Setiabudi, Bendungan Hilir, Istora, Senayan, Blok M, dan Lebak Bulus akan segera menyusul.

“Jika ini bisa berjalan dengan baik dari mulai fase rancangannya, maka Insya Allah ini akan bisa menjadi benchmark untuk rancangan dan pembangunan TOD-TOD yang lainnya,” kata dia. (Swamedium)




Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News
republished by Yes Muslim –  Portal Muslim Terupdate ! 

Sumber : Yes Muslim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *