Mengenal 8 Jenis Puting Susu: Anda yang Mana?

Diposting pada

Khusus Pasutri


Setiap wanita dilahirkan dengan jenis puting susu dan payudara yang berbeda. Seperti yang Anda ketahui, perbedaan payudara ini berbeda-beda, tergantung pada persentase lemak tubuh, cara pendistribusian lemak tubuh, serta elastisitas kulit dan otot-otot yang dimiliki setiap wanita. Namun, yang sering kali menyebabkan kehebohan adalah bahwa puting susu memiliki delapan jenis yang berbeda. Sebelum kita mulai menjelaskan jenis-jenis puting susu, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami terlebih dahulu:

  • Kedelapan jenis puting susu ini adalah normal. Tidak ada satu jenis yang lebih unggul dibandingkan dengan yang lain.
  • Anda dapat memiliki kombinasi karakteristik yang berbeda dalam satu puting. Ini berarti bahwa puting Anda bisa memiliki beberapa jenis campuran dari delapan jenis puting.
  • Jika dalam proses mengamati puting, Anda melihat sesuatu keluar dari puting susu, mengalami perubahan warna dan bentuk, atau perdarahan, maka Anda harus mencari pertolongan medis segera. Karena cairan tersebut bisa merupakan hasil dari kista atau kanker payudara.

Jenis-jenis puting susu

1. Masuk ke dalam (inverted nipple)

1-300x239

Terkadang, puting susu akan masuk ke dalam payudara, alias inverted nipple, karena sejumlah alasan. Penyebabnya bisa dari genetik, jaringan parut, atau menyusui. Tidak ada yang salah dengan puting terbalik, karena puting akan menonjol atau keluar ketika dirangsang.

2. Datar

2-300x239

Lihatlah lingkaran di sekitar puting Anda. Jika puting memiliki bagian atas yang datar, dan terlihat samar dengan bagian lingkaran puting, maka ia dianggap sebagai puting datar. Karena puting merupakan bagian sensitif pada payudara, maka puting yang datar akan menonjol ketika terangsang. Namun, ia akan kembali ke bentuk aslinya ketika rangsangan hilang.

3. Menonjol

3-300x239

Puting ini secara alami menonjol di atas lingkaran puting. Puting cenderung menunjukkan arah ke luar, dapat mengeras dan bahkan bisa lebih menonjol dan lebih jelas. Hal ini dapat menyebabkan wanita merasakan sakit, karena puting rentan untuk bergesekkan dengan pakaian, sehingga menyebabkan ruam. Menjaga area payudara dan puting dengan bra yang baik dapat melindungi kulit halus puting dan sekaligus mendukung berat payudara,

4. Segitiga

4-300x239

Puting ini berbentuk segitiga yang cenderung menonjol keluar dan memiliki ujung yang dapat mengeras ketika dirangsang. Stimulus bisa dari apa saja, termasuk suhu kamar, kebasahan, pakaian tertentu, stimulasi seksual, dan peningkatan aliran darah pada umumnya.  

5. Bergelombang

5-300x239

Kelenjar Montgomery terletak di daerah lingkaran puting. Tugas kelenjar ini adalah untuk menghasilkan pelumas dalam bentuk ringan, yaitu substansi berminyak yang dapat melindungi kulit sensitif di lingkaran puting. Terkadang, kelenjar dapat membengkak dan membuat lingkaran puting terlihat bergelombang. Ini bukan kondisi yang berbahaya dan banyak wanita mengalaminya. 

6. Puting berlebih

6-300x239

Ini pada dasarnya adalah sebuah puting ekstra yang terjadi secara genetik. Puting yang lebih ini bisa muncul sebagai lingkaran puting datar yang berada di bawah atau di dekat puting yang aktif, dan biasanya puting ekstra ini hanya ada satu.

7. Berbulu

7-300x239

DI atas telah dijelaskan mengenai puting yang terbalik atau masuk ke dalam. Namun, ada kalanya hanya satu dari kedua puting yang terbalik. Ini juga merupakan predisposisi genetik dan termasuk ke dalam hal yang normal.

Source: Adinda Rudystina . Data medis direview oleh Hello Sehat Medical Review Team . HelloSehat

Sumber : Andika Blog’s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *