Penjelasannya mengenai Ayam Import, BK, F1, F2, F3 , dan Lokal

Diposting pada
Ayam Import

adalah ayam yang didatangkan ketika sudah siap untuk di adu atau sudah dalam fase lancuran/dere/babon/pejantan (jenis bisa bermacam-macam tergantung kesukaan penghobi atau juga importir yang memasukkan ayam tersebut, bisa ayam Bangkok, Burma, Saigon, Brazillian, Aseel, Shamo, atau berbagai jenis lainnya..). Bisa juga untuk berbagai kepentingan hobi. 

Ayam BK

biasanya merujuk pada asal ayam yang berasal dari Thailand, sebenarnya di Thailand pun ayam ini juga sudah ada yang disilangkan dari berbagai ras/varian. BK singkatan dari Bangkok.

Ayam Lokal

adalah istilah untuk generasi ayam bangkok yang sudah dikembang biakkan di Indonesia. Walaupun asal-usul ayam tersebut adalah dari Thailand juga. Istilah lokal ini juga kadang merujuk pada ayam-ayam aduan yang ada di indonesia jauh hari sebelum ayam aduan dari Thailand didatangkan ke Indonesia.

Khusus utk ayam aduan 

dahulu (thn 60an) memang benar bahwa ayam asal Thailand kualitasnya jauh lebih baik dari ayam Lokal indonesia. Tapi utk sekarang, kualitas ayam2 ternakan Indonesia tidak kalah bagusnya. Ini karena seleksi alam dalam ternak dimana ayam2 yg jelek tidak digunakan lagi utk indukan. Sementara ayam2 import sudah banyak sekali menyebar keseluruh pelosok di Indonesia.

Inti masalah dalam memilih ayam bukanlah asal negaranya. Melainkan memilah-milah mana yg berkualitas. Mau asal dari Thailand, Burma, Vietnam ataupun Lokal, tidak jadi masalah. Yg penting kualitas bagus.

Ayam import sendiri-pun belum tentu bagus lho… Kita harus benar2 jeli dalam memilih.

Hukum Genetika

  • Simbol “F” (=Filium/Filial) menyatakan turunan
  • SimbolP” (=Parentum/Parental/Orang Tua) menyatakan Induk.
  • F1 = Turunan pertama | anak dari P
  • F2 = Turunan kedua (Turunan/anak dari F1) | Cucu dari P
  • F3 = Turunan ketiga (Turunan/anak dari F2) 
P‘ bisa  Ayam Bangkok, Ayam Kampung, Ayam Lokal, Ayam Pelung, dsb. Ini adalah istilah yg sering dipakai dalam ilmu genetika.

Sumber : Andika Blog’s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *