Waspada terhadap larangan niqab Denmark, kedutaan UAE memperingatkan – Arrahmah.com

Diposting pada
KOPENHAGEN (Arrahmah.com) – Kedutaan UAE di Denmark memperingatkan Emirat dari denda besar atas pelanggaran larangan baru-baru ini di negara Skandinavia terhadap niqab dan burqa, Arabian Business melaporkan Rabu (6/6/2018).

Pekan lalu, anggota parlemen Denmark menyetujui undang-undang, yang disampaikan oleh pemerintah ekstrim kanan dan didukung oleh Sosial Demokrat dan Partai Rakyat Denmark.

Dalam sebuah tweet, kedutaan UEA di negara itu mengingatkan warga negara Emirat bahwa undang-undang itu mencakup niqab dan burqa, serta semua jenis penutup wajah termasuk topi, topeng atau janggut palsu.

Undang-undang – yang mulai berlaku pada tanggal 1 Agustus mendatang – akan membebaskan pelanggar dengan 1.000 crown ($ 156) untuk tiga pelanggaran pertama. Mereka yang melanggar peraturan untuk keempat kalinya akan didenda 10.000 crown ($ 1.577).

Pada 2016, Kementerian Luar Negeri UEA memperingatkan warga negara Emirat untuk mengenakan burqa dan niqab di beberapa bagian Eropa.

Selain itu, warga Emirat pun diperingatkan untuk tidak mengenakan pakaian nasional saat berada di luar negeri, menyusul insiden di mana seorang pengusaha Emirat ditahan di bawah todongan senjata di Ohio setelah tuduhan palsu dari seorang anggota staf hotel bahwa ia terdengar berjanji setia kepada ISIL.

Meskipun para pejabat Denmark telah mengatakan bahwa undang-undang baru ini tidak ditujukan pada agama tertentu dan tidak melarang jilbab yang tidak menutupi wajah pemakainya, Amnesty International telah mengutuknya sebagai “pelanggaran diskriminatif terhadap hak-hak perempuan”, terutama bagi wanita Muslim.

“Sementara beberapa pembatasan khusus pada pemakaian cadar penuh untuk tujuan keselamatan publik mungkin sah, larangan selimut ini tidak diperlukan atau sebanding dan melanggar hak atas kebebasan berekspresi dan agama,” direktur Amnesty Eropa, Gauri van Gulik, kata dalam sebuah pernyataan. (Althaf/arrahmah.com)

Sumber : Arrahmah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *